wellie Kesuma Putra
Blog Universitas Komputer Indonesia

Tips Menghindari hukuman Google Panda

Tips Menghindari hukuman Google Panda
Google Panda Adalah Program Baru Google.Inc dalam rangka perubahan algoritma baru yaitu penentuan ranking suatu halaman blog maupun website di halaman hasil pencarian google sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan ke dalam kotak pencarian Google. Ini diakibatkan oleh banyaknya konten-konten atau artikel-artikel yang bermunculan yang tidak memikirkan manfaat bagi pembaca, termasuk konten-konten porno.
 
Hal ini terjadi secara otomatis berdasarkan metode penilaian baru yang digunakan untuk menyusun peringkat dari yang tertinggi sampai posisi terendah hingga bagi yang tidak memiliki posisi sama sekali. Google Panda diumumkan pada tanggal 24 Februari 2011.
 
Penyebab Hukuman Google Panda
 
Ada beberapa faktor penyebab suatu blog terkena efek Google Panda antara lain sbb:
  1. Satu atau lebih dari artikel yang ada dalam sebuah blog/website terlalu sedikit (kurang dari 400 kata) sehingga dianggap kurang berkualitas.
  2. Situs/blog tersebut diduga mengandung konten (artikel) duplikat (tidak asli) dengan salah satu artikel di situs lain atau dengan artikel di dalam blog/situs yang sama.
 
Cara Menghindari Hukuman dari Google Panda
 
Apabila Anda terkena efek Google Panda, berikut tips untuk memperbaiki kesalahan Anda: 
  1. Buat artikel unik dan orisinil. Hindari mengcopy/paste artikel dari situs lain.
  2. Hindari menulis dua artikel atau lebih yang memiliki banyak kemiripan di blog yang sama. Cara mengecek artikel serupa dalam blog yang sama lihat di sini!.
  3. Usahakan artikel-artikel yang serupa disatukan jadi satu halaman.
  4. Hapus artikel blog yang serupa, atau jadikan satu. Amit Singhal, teknisi Google Panda, menyarankan: "removing low quality pages, merging or improving the content of individual shallow pages into more useful pages, or moving low quality pages to a different domain could eventually help the rankings of your higher-quality content".
 
Kalau problem sudah dibereskan, blog anda kemungkinan akan kembali normal setelah ada update Google Panda.
 
 
  • ARTIKEL ORISINIL DAN BERKUALITAS 
Artikel orisinil dan unik tidak menjamin berkualitas. Setidaknya itu menurut Google. Tulisan berkualitas adalah tulisan yang komprehensif dan mengandung analisa yang mendalam (in-depth analisis). Dengan tulisan yang holistik dan mendalam tentang suatu topik, sehingga artikel tersebut akan memuaskan pengunjung atau visitor. Pengunjung puas, Google puas dan penulisnya pun senang.
  • ARTIKEL MINIMAL 400 KATA 
Artikel berkualitas menurut Google adalah tulisan yang relatif panjang. Berapa kata sebuah tulisan dianggap berkualitas menurut Google Webmaster Guidelines tidak dijelaskan secara eksplirit. Oleh karena itu, para webmaster dan blogger terjadi perbedaan pendapat yang cukup variatif. 
 
ezinearticles.com sejak Februari 2012 mewajibkan para kontributornya untuk menulis menimal 400 kata untuk satu artikel. Semakin banyak kata yang ditulis semakain bagus dan berkualitas. Pendapat lain mengatakan bahwa artikel berkualitas yang sesuai dengan standar Google Search adalah antara 800 sampai 1200 kata. 
 
Intinya adalah kalau ada tulisan di blog atau situs kita yang kurang dari 400 kata maka (a) segera ditambah jumlah katanya sampai mencapai jumlah minimum; atau (b) disatukan dengan artikel yang lain sehingga jumlahnya mencapai standar minimal atau (c) dhihapus. 
 
Perlu diketahui, bahwa blog atau website yang ikut program Adsense dan tidak mengikuti standar ini dapat dibanned akunnya atau Adsense untuk situs terkait dinonaktifkan.
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 22 Oktober 12 - 15:54 WIB
Dalam Kategori : TIPS MENGHINDARI HUKUMAN GOOGLE PANDA
Dibaca sebanyak : 920 Kali
Facebook Feedback